Selasa, 22 Maret 2011

Fakta tentang Bollywood


Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa industri perfilman India merupakan industri perfilman terbesar di dunia. Industri perfilman Bollywood di Mumbai, Maharashtra saja diketahui memproduksi lebih dari 800 hingga 1000 film per tahunnya, belum lagi ditambah produksi film di negara bagian lainnya. Perlu diketahui pula bahwa Bollywood lahir lebih dulu ketimbang Hollywood. Bollywood berdiri di tahun 1899 dengan produksi film pendek, 11 tahun sebelum kehadiran Hollywood yang baru muncul di tahun 1910 dengan melodrama biografi. Bollywood memiliki tiga milyar penonton dari seluruh dunia. Bisa dikatakan dalam hal penonton, Bollywood telah mengambil alih posisi Hollywood di tahun 2004 dan semenjak itu pun terus memimpin.


Berikut ini beberapa fakta menarik terkait perfilman India yang dikutip dari situs Indiamarks,


Film Bicara India Pertama



Film bicara pertama India adalah Alam Ara (Cahaya Semesta) yang dirilis Imperial Movietone pada 14 Maret 1931 di bioskop Majestic, Bombay. Film bersejarah ini diproduseri dan disutradarai oleh Ardeshir Marwan Irani. Film yang dibuat berdasarkan sandiwara Persia dengan nama yang sama yang ditulis Joseph David ini, dibintangi sejumlah bintang populer di era film bisu seperti Prithviraj Kapoor, L.V. Prasad, W.M. Khan, Master Vithal dan Zubeida.






Film Berwarna Pertama Buatan India



Tren film berwarna muncul sangat terlambat di India. Kisan Kanya (1937) dikenang oleh publik India sebagai film berwarna pertama buatan India. Film ini berkisah tentang seorang tuan tanah yang eksploitatif dan seorang petani baik hati yang dituduh membunuh sang tuan tanah.


Film dengan Jumlah Lagu Terbanyak


Indra Sabha dengan 71 lagu merupakan film dengan jumlah lagu terbanyak. Film yang dibuat pada tahun 1932 oleh Madan Theatres dan disutradarai oleh J.J. Madan ini, dibuat berdasarkan sandiwara karya Sayed Aga Hasan Amanat. Alur film ini mengisahkan tentang seorang raja murah hati yang moralnya diuji oleh kekuatan kahyangan. Uniknya, film ini hanya memiliki dua penyanyi, Master Nissar dan Jehanara Kajjan. Pemain film ini, antara lain Abdul Rehman Kabuli dan Mukhtar Begum.




Orang India Pertama Peraih Oscar



Bhanu Athaiya adalah orang India pertama yang meraih Oscar. Ia memenangkan kategori Best Costume Designer untuk film Gandhi karya Richard Attenborough di tahun 1982. Bhanu telah bergelut di dunia perfilman India lebih dari 50 tahun. Ia lahir dengan nama di Kolhapur, Maharashtra. Beberapa film yang pernah didukung Bhanu, diantaranya: Swades (2004), Lagaan (2001), 1942 A Love Story (1994), dan banyak lagi yang lainnya.




Lagu Film Berbahasa Hindi Terpanjang



Lagu Ab Tumhare Hawale Watan Saathiyon yang ada di film dengan judul yang sama merupakan lagu film berbahasa Hindi terpanjang. Lagu ini berdurasi 20 menit dan diputar dalam tiga potongan di film tersebut. Lagu ini dinyanyikan oleh Sonu Nigam, Udit Narayan, dan Kailash Kher, liriknya dikarang oleh Sameer, sedangkan musiknya digubah oleh Anu Malik. Film Ab Tumhare Hawale Watan Saathiyon sendiri disutradarai Anil Sharma dan dibintangi Amitabh Bachchan, Akshay Kumar, Bobby Deol, dan Divya Khosla. Film bergenre patriotisme ini berkisah tentang perjuangan melawan terorisme.


Aktor India Termahal



Walaupun masih diperdebatkan, Akshay Kumar disebut-sebut menerima bayaran sebesar Rs.20-22 Crore (Rs. 20,00,00,000/ 200 juta rupee) dan mengalahkan aktor India dengan bayaran termahal, Rajnikanth yang menerima bayaran sebesar Rs.16 Crore per film setelah kesuksesan filmnya Shivaji - The Boss. Sebelumnya, Akhsay telah membintangi film berbudget besar Chandni Chowk To China yang menelan biaya Rs.100 crore dan menjadi salah satu film dengan biaya termahal yang pernah dibuat saat ini.


Film India Terpanjang



LOC: Kargil yang berdurasi 4 jam 25 menit merupakan film India terpanjang hingga saat ini. Film ini berkisah tentang tentara India yang berjuang di Kargil dan dikenang oleh keluarganya. Film ini berusaha menceritakan kisah masa lalu dari setiap tokoh sehingga film ini menjadi membosankan. Sedangkan, Mera Naam Joker yang berdurasi 4 jam 14 menit menjadi film terpanjang kedua.


Film yang Paling Lama Diputar di Bioskop India



Dilwale Dulhania Le Jayenge telah menjadi tonggak sejarah perfilman India. Film ini diputar 700 minggu berturut-turut di bioskop Minnerva, Mumbai. Film ini dirilis di seluruh dunia pada 20 Oktober 1995. Film yang disutradarai Aditya Chopra dan dibintangi Shah Rukh Khan dan Kajol ini meraih pendapatan sebesar Rs 580 juta di India dan 175 juta di luar negeri. Film ini kemudian menjadi hit terbesar Bollywood di tahun itu, dan menjadi salah satu hit terbesar Bollywood sepanjang masa. Film ini tetap menjadi film yang paling lama diputar dalam sejarah perfilman India. Sedangkan, film Sholay yang diputar selama 5 tahun secara kontinyu menjadi film kedua yang paling lama diputar.
 
 
 
 
 
 
 

(Source: Indiamarks; Photo: Indiamarks; Google)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kereeeeeeennnnnnnnn

Anonim mengatakan...

like this,
keep writing.

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys